Daftar Buku yang Dipengenin, Tapi ...



Jadi tahun 2016 kemarin reading challenge saya di goodreads kacau. Parah. Salah satu penyebabnya karena jadwal kuliah yang udah mulai di akhir tahun dan karena sekarang udah nggak bawa buku lagi ke kantor. Dulu iya. Eh tapi belakangan masih suka bawa ding tapi nggak dibaca di kantor, nggak tau ngapain dibawa (lol). Terus, tahun ini buat challenge lagi tapi kali ini lebih realistis. Nggak mau muluk-muluk.
Setelah bikin challenge saya jadi buka-buka to-read list yang ada di goodreads dan ada beberapa buku yang sedikit membuat saya mengernyit. Kernyitan dengan artian semacam “hah, kenapa pengen baca ini ya?”.
Mungkin waktu itu ada yang ngreview buku tersebut dan tiba-tiba tertarik, tapi sekarang sudah lupa apa yang dulu membuat tertarik, haha geuleuh.
Tapi, dari to-read list tadi masih banyak kok yang sampai sekarang saya tau kenapa pengen baca buku itu, atau lebih spesifiknya pengen punya itu. 


  1. Hujan Bulan Juni
Pernah suatu hari di toko buku saya bilang “aku pengen punya buku ini” ke temen, trus dia nanya “tentang apa?”, “isinya puisi” jawabku, terus kata dia “ih ngapain beli buku puisi” dengan raut wajah yang seolah-olah saya makhluk melow menjijikan karena baca puisi.
Berhubung buku ini isinya puisi yang sebenarnya sudah saya baca secara gratis walau hanya selewat-selewat di toko buku, jadi saya selalu menunda-nunda beli buku ini. Kalau boleh ngelunjak saya berharap bisa punya buku ini secara gratis suatu hari nanti *ngarep*.
Jadi kalau ditanya kenapa pengen buku ini saya akan menjawab “ih keren tau puisi-puisinya”.

  1. Bumi Manusia
Ini adalah novel yang sudah direkomendasikan oleh banyak orang ke saya. Tapi karena harganya yang lumayan mahal untuk sebuah novel jadi sering dinomorsekiankan saat sedang ke toko buku. Mungkin tahun ini saya akan beli, atau setidaknya baca.

  1. Negeri Senja, Surat Dari Palmerah, Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara
Buku SGA mana yang nggak mungkin saya nggak pengen. Terakhir beli buku SGA adalah Saksi Mata dan Sepotong Senja Untuk Pacarku, nah yang selanjutnya ya buku-buku ini. 

  1. Simple Miracles : Doa dan Arwah
Saya punya kebiasaan maraton baca buku-buku satu penulis dalam waktu berdekatan. Waktu itu saya sedang semangat-semangatnya baca buku Ayu Utami, mulai dari Bilangan Fu, Saman, Larung, Manjali dan Cakrabirawa, dan Lalita yang mereka ini ceritanya saling berkaitan. Nah kalo Simple Miracles ini karena rating di goodreads bagus jadilah saya pengen baca. 

  1. Panggil Aku Kartini Saja
Waktu itu menjelang hari kartini dan saya lagi termakan omongannya mbak Dian Sastro yang mengatakan kalo nggak salah intinya gini, mau sampai kapan hari kartini cuma bisa kita peringati sebatas memakai baju kebaya tanpa tau siapa kartini itu sebenarnya. Kedua, karena buku ini ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer, jadi apa yang harus diragukan lagi. Cuma saya belum tau buku ini gampang dicari atau nggak.

  1. I Am Malala: The Story of the Girl Who Stood Up for Education and Was Shot by The Taliban
Asalnya penasaran sama kisah Malala. Dan menurut saya sebagai perempuan penting untuk tau kisah-kisah tokoh kaya Malala ini. Malala men. 

  1. What If?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions
Kalo buku ini saya tertarik karena judulnya unik.

  1. The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing
Untuk sebuah buku tentang beres-beres, buku Marie Kondo ini adalah salah satu yang populer. Meskipun menurut beberapa orang isi buku ini terlalu banyak melibatkan perasaan, tapi hey, saya kan belum baca.
Selain itu baru-baru ini saya lagi tertarik dengan gerakan minimalis (minimalist movement) yang niatnya mau saya tulis di blog kapan-kapan. Sampai saat ini masih berproses perlahan menata rumah tangga atau khususnya kamar kos dengan prinsip-prinsip minimalism. Ada yang tertarik?

  1. Kosmos
Beruntunglah buku ini diterbitkan oleh KPG jadi saya bisa ayem nggak perlu cari yang versi bahasa inggris. Saya penasaran aja. Empat belas miliar evolusi kosmik, bayangkan.

Itu adalah buku-buku yang pengen saya baca tapi karena beberapa alasan jadi belum terlaksana. Selain buku-buku ini kalo ada yang mau merekomendasikan buku lain saya akan merasa sangat senang. 

I wish there’s more than 24 hours a day.


Comments

  1. .
    .
    (((Sepotong Senja Untuk Pacarku))) #senyum #sinis #njengkeli #kemlathak

    Maaf aku emang tukang rusuh. Bhay.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masker Penutup Wajah (Face Mask Pattern and Tutorial)

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran

Milea : Suara dari Dilan