Make It Happen!


 
Judul Buku : Make it Happen
Penulis : Prita Hapsari Ghozie
My Rating on Goodreads : 4/5

Nama Prita Hapsari Ghozie akhir-akhir ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dirinya kerap diundang dalam talk show maupun acara-acara bertajuk perencanaan atau pengelolaan keuangan. Sebagai lulusan  Fakultas Ekonomi UI, beliau ternyata sudah menulis beberapa buku, diantaranya "Menjadi Cantik, Gaya, dan Kaya" dan "Make it Happen!" yang kali ini akan saya review.

Fisik buku ini menarik. Itu salah satu hal yang saya suka. Penulis yang ahli di bidang keuangan ini ternyata juga lihai dalam menata isi buku sesuai dengan pembagian bahasannya. Selain itu warna-warna pada setiap halaman buku dibuat agar tulisan enak dibaca dan mudah dipahami dengan tema abu-abu dan oranye. Saya suka karena buku ini memang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terkesan njelimet meskipun ada hitung-hitungan tentang keuangan.

Saya membeli buku ini pada waktu saya mulai bekerja, berangkat dari niat luhur saya untuk memanfaatkan gaji sebaik dan seefektif mungkin. Untuk pemula dalam hal keuangan, buku ini menurut saya cukup lengkap. Di dalamnya kita akan menemukan secara runtut hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, mulai dari motivasi kenapa kita harus peduli pada keuangan pribadi, sampai masalah investasi untuk dana pensiun.

Canggihnya, mbak Prita ini pintar dalam memaparkan secara sederhana dengan contoh yang tidak muluk-muluk. Meski ada beberapa hal yang menurut saya sedikit ribet untuk diterapkan sehari-hari, seperti saran agar kita mempunyai rekening masing-masing untuk keperluan yang berbeda-beda. Jadi, akan ada rekening belanja rutin, rekening shopping, rekening tabungan, dan rekening-rekening lain sesuai kebutuhan kita. 

Hal lain yang saya suka dari buku ini adalah motivasi untuk berinvestasi dan menabung yang juga dijelaskan dengan contoh-contoh perhitungan sederhana. Secara keseluruhan buku ini mengajak kita untuk teliti dengan penghasilan agar cukup untuk memenuhi gaya hidup di masa kini dan masa mendatang.

PS: nggak ada salahnya buat yang ingin belajar mengatur keuangan pribadi, buku ini cukup mudah dipelajari. -Just because you don't see it, doesn't mean it's not there-

Comments

  1. Teh, numpang lewat blogmu yaa.. Lanjutkan teh! Ditunggu cerita-ceritanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah jaan, diwaca be ndilalahe nang rizky -_-
      haha, makasih riz atas dukungannya :')

      Delete
  2. Hahaha iyadong aku kan update aktual tajam terpercaya. Aku bakal rajin2 berkunjung teh. Jarang ketemu ng dunia nyata tidak akan menghalangi komunikasi di dunia maya eyaaaakkkkk...... :3 <3

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masker Penutup Wajah (Face Mask Pattern and Tutorial)

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran

Milea : Suara dari Dilan