REKOMENDASI BUKU: PETER NIMBLE AND HIS FANTASTIC EYES


Negeri yang paling indah mungkin negeri dongeng, tapi seindah apapun itu tetaplah hanya dongeng.

Novel Peter Nimble and His Fantastic Eyes mungkin bisa menjadi list buku dongeng berikutnya yang bisa dibaca.
Oke ini penampakannya,

dan ini penampakan versi aslinya (yang bukan terjemahan Bahasa Indonesia)
gambar diambil dari sini

Saya suka banget sama buku ini, di satu sisi saya suka cerita tentang anak-anak, dan selain itu saya suka cerita fantasi, imajinasi dan semua embel-embel dongeng yang tidak bisa saya temui di dunia nyata. Secara umum novel ini berkisah tentang seorang anak kecil, buta, tapi punya kemampuan luar biasa dalam hal mencuri dengan keahliannya membuka gembok yang memiliki tingkat kerumitan paling tinggi sekalipun. Selain itu dia yang sesuai judulnya bernama Peter Nimble ini juga punya indra pendengaran dan penciuman yang sangat tajam, lebaynya dia bisa mendengar detak jantung dan mencium bau benda yang menurut orang normal nggak bau apa-apa. 

Selain kemampuan anehnya itu, dia juga dibekali dengan tiga pasang mata ajaib yang bisa dipasangkan ke rongga matanya (ingat Peter Nimble itu buta jadi rongga matanya kosong). Nah, dengan kemampuan uniknya ini Si Peter Nimble menjadi orang terpilih yang diberi tugas memecahkan teka-teki tentang sebuah kerajaan yang hilang.
Seperti lazimnya sebuah buku dongeng, novel ini juga memberikan banyak sekali pesan-pesan sederhana tapi penting untuk direnungkan. Seperti kata-kata berikut ini, yang diucapkan oleh profesor kepada Peter Nimble sebelum memulai petualangannya

"..., Peter Nimble, aku memanggilmu bukan karena kau akan menjadi apa nantinya, tapi karena siapa kau sekarang ini. Kalau kau sampai berada dalam kesulitan, ingat siapa dirimu di atas semua hal lain."

Oke silakan diresapi sendiri apa maksud kalimat tersebut. :D

Pelajaran lain yang diberikan novel ini adalah sesempurna apapun seseorang di mata kita, dia pasti punya kekurangan. Seperti Peter Nimble yang dikisahkan mempunyai kemampuan-kemampuan ajaib yang bisa membuat orang lain iri, tapi ingat satu hal, sebanyak apapun keahlian yang dimiliki orang buta dia juga pasti mempunyai kesulitan-kesulitan karena kebutaannya. Sekarang bayangin kalau kita buta. Gelap.

Keseruan novel ini menurut saya adalah petualangannya memecahkan teka-teki yang membingungkan dari awal. Tapi kebingungan pembaca ini perlahan dipertemukan dengan jawaban-jawaban yang memang di luar dugaan. Ada banyak hal menarik, mengejutkan, lucu, dan tentunya menghibur.
Karena saking serunya sampai-sampai novel ini saya bawa ke kantor, hehehe :D
Oke, saya yakin betul cerita saya di atas nggak menarik banget kalau dibandingkan dengan isi novelnya. Jadi bagi yang tertarik silakan comot bukunya di toko-toko buku terdekat. Atau bagi yang penasaran sama ilustrasinya, ini link book trailernya di youtube  Peter Nimble Book Trailer
Salam dari negeri dongeng :)

Comments

Popular posts from this blog

Masker Penutup Wajah (Face Mask Pattern and Tutorial)

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran

Milea : Suara dari Dilan